Thursday 1 January 2015

Perayaan Tahun Baru ala Jepang.

Perayaan tahun baru di Jepang pada umumnya berbeda dengan tahun baru di Negara lain. Negara lain biasanya merayakan tahun baru hanya sehari yaitu pada tanggal 1 Januari. Beda halnya dengan di Jepang, Di Negara Sakura ini perayaan tahun baru berlangsung selama tiga hari. Tahun baru ini juga disebut dengan Shōgatsu.

Apa saja yang dilakukan warga Jepang dalam menyambut dan merayakan tahun baru? yap, ini dia 7 rangkaian yang dilakukan warga Jepang dalam menyambut dan merayakan tahun baru:  

  1. Osouji atau Bersih-Bersih.
    Osouji berbeda dengan bersih-bersih yang dilakukan paa umumnya. Pembersihan dilakukan secara besar-besaran atau total. kegiatan Osouji biasanya melibatkan anggota keluarga namun ada juga keluarga yang menggunakanjasa pembersih rumah. Tujuan dari Osouji ini untuk membersihkan rumah dan warga Jepang percaya bahwa para Dewa akan datang ke tempat yang bersih dengan membawa berkah yang melimpah
    .
  2. Shimekazari atau Hiasan/Dekorasi
    Setelah kegiatan Osouji selesai, maka dilanjutkan dengan p
    emasangan Shimekazari. Tujuan pemasangan Shimekazari untuk mendapatkan keberuntungan dan untuk mengusir arwah jahat yang ingin masuk ke dalam rumah.
  3. Nengajou atau Kartu Pos.
    Nengajou merupakan kartu ucapan selamat tahun baru yang dikirimkan kepada Teman, Sahabat, Rekan Kerja dll.
  4. Osechi atau Makanan Khusus
    Makanan tahun baru biasanya dibuat dua atau tiga hari sebelum acara tahun baru. Pada umumnya hanya lauk yang ditata di dalam kotak kayu bersusun. Kotak kayu bersusun untuk masakan osechi dipercaya sebagai lambang keberuntungan. 
  5. Toshikoshi Soba.
    Pada tanggal 31 Desember sampai malam pergantian tahun warga Jepang mempunyai tradisi memakan soba. 
  6. Doa Pergantian Tahun. Saat pergantian tahun warga jepang memanjatkan doa di kuil.
  7. Otoshidama.
    Otoshidama merupakan pemberian uang kepada anak kecil saat tahun baru, uang tersebut dimasukkan ke dalam amplop bergambar.
Nah itu dia Perayaan Tahun Baru ala warga Jepang.
Selamat Tahun Baru 2015, semoga lebih Istimewa dari tahun sebelumnya.

0 komentar:

Post a Comment